Monday, January 19, 2004

Petekan dari:
  • http://www.kampar.go.id/daerah.php?go=geo


  • Gambaran Umum
    Kabupaten Kampar letaknya sangat strategis karena merupakan jalur utama yang menghubungkan Riau dengan Sumatera Barat. Secara geografis Kabupaten Kampar berada pada posisi 01°00'40" LU dan 00°27'00" LS, 100°28'30" BT - 101°14'30" BT dengan batas-batas sebagai berikut :

    Sebelah Utara berbatasan dengan Kota Pekanbaru dan Kabupaten Rokan Hilir.
    Sebelah Selatan berbatasan dengan Kabupaten Kauantan Singingi.
    Sebelah Barat berbatasan dengan Kabupaten Rokan Hulu dan Propinsi Sumatera Barat.
    Sebelah Timur berbatasan dengan Kabupaten Pelalawan dan Kabupaten Siak.
    Luas Wilayah Kabupaten Kampar ±6.591,07 km2 atau 12,38% dari luas wilayah Propinsi Riau.


    Perhubungan Sungai
    Kabupaten Kampar memiliki empat jaringan sungai utama yaitu :

    Sungai Kampar Kanan
    Sungai Kampar Kiri
    Sungai Tapung Kanan
    Sungai Tapung Kiri
    dan ratusan anak sungai
    Diantara keempat sungai tersebut Sungai Kampar merupakan sungai yang terpanjang dengan panjang ±413,5 dengan kedalaman rata-rata 7,7 m dan lebar rata-rata 143 m. Sungai Kampar melintasi beberapa kecamatan yaitu Kecamatan XIII Koto Kampar, Bangkinang Barat, Bangkinang, Kampar dan Siak Hulu. Sungai ini berfungsi sebagai sarana perhubungan, sumber air bersih, budi daya ikan dan sebagai Sumber Energi Listrik (PLTA Koto Panjang).


    Perhubungan Darat
    Sebagai urat nadi transportasi perhubungan darat, jalan di Kabupaten Kampar memiliki peran yang sangat strategis, terutama dalam peningkatan perekonomian dan pengembangan wilayah. Pada tahun 2002 tercatat panjang jalan di Kabupaten Kampar sekitar 1.855,380 Km, ini merupakan jalan dengan status jalan kabupaten dan belum termasuk jalan propinsi dan jalan lokal/desa. Strategi pengembangan sektor transportasi dan perhubungan dititik beratkan kepada pengembangan jalur jalur strategis yang menghubungkan pusat pusat pertumbuhan, pusat industri, dan kawasan strategis lainnya, dengan pola jaringan jalan sebagai berikut :

    Jalur tengah, (Riau - Sumbar)
    Jalur utara, (Rohul & Dumai)
    Jalur selatan (Lintas sumatra)
    Jalur timur (Lintas Timur)
    Jaring jalan Kabupaten
    Jaring jalan desa /lokal


    Perhubungan Udara
    Transportasi udara di Kabupaten Kampar sampai saat ini masih merupakan sebuah wacana dan belum merupakan sebuah kebutuhan yang mendesak, hal ini dapat dipahami mengingat pelabuhan udara Sultan Syarif Kasim lokasinya relatif dekat dengan kota Bangkinang dan dapat dijangkau dengan mudah .

    Namun demikian, keberadaan Bandara Sultan Syarif Kasim di Pekanbaru terancam akibat perkembangan dan pertumbuhan kota yang sedemikian pesat, untuk alasan keamanan kelak pemerintah akan memindahkan lokasi bandara tersebut ke kawasan lain yang jauh dari pemukiman. Dan ini adalah peluang bagi Pemerintah Kabupaten Kampar untuk memiliki pelabuhan udara, karena kawasan disekitar perbatasan kota Pekanbaru - Kabupaten Kampar sangat potensial untuk itu.

    No comments: